BERITA

 
 
WORKSHOP PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI: MODEL PEMBELAJARAN 5 E
 
  Oleh. Infopub/Rinrin - PPPPTK IPA-Bandung, Tgl. 11-04-2017  
 


 
 

Dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga fungsional dan struktural di PPPPTK IPA, serta beberapa guru di daerah Jawa Barat,  PPPPTK IPA mengadakan Workshop Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri: Model Pembelajaran 5E, yang diadakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 27 s.d. 30 Maret 2017 bertempat di PPPPTK IPA, Jalan Diponegoro No. 12, Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 35 tenaga fungsional dan struktural (widyaiswara, pengembang teknologi pendidikan, guru, dan staf PPPPTK IPA) dan 12 guru di daerah Jawa Barat. Narasumber dalam kegiatan ini adalah struktural PPPPTK IPA dan Dr. Terry McClafferty  dosen dari Charles Darwin University, Darwin, Australia dan bertindak sebagai moderator Dr.Elly Herliani, M.Phil., M.Si.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam merancang skenario pembelajaran IPA dengan model pembelajaran 5E dan menyusun rencana pengembangan bahan pembelajaran IPA berbasis inkuiri di PPPPTK IPA. Pada sesi awal Dr. Terry mengajak peserta workshop untuk berdiskusi mengenai Science Teacher Competency dan Defining and Achieving Science Education, yaitu kriteria ideal seorang guru IPA dan apa saja dibutuhkan dan bagaimana mencapai pembelajaran IPA. Pada sesi selanjutnya Dr. Terry mengenalkan beberapa model pembelajaran yang berbasis inkuiri yaitu 7E, 5E, 3E, Problem Base Learning, Project Base Learning, dan lebih lanjut membahas lebih dalam mengenai konsep teori model pembelajaran 5E (Engage, Explore, Explain, Extend, and Evaluate). Tahap Engage, tahap pembangkitan minat merupakan awal dari Learning Cycle (siklus belajar); Tahap Explore, pada tahap eksplorasi dibentuk kelompok-kelompok kecil untuk bekerja sama tanpa pembelajaran langsung dari guru. Dalam kelompok ini siswa didorong untuk menguji hipotesis dan atau membuat hipotesis baru, mencoba alternatif pemecahannya; Tahap Explain (Penjelasan), pada tahap ini guru dituntut mendorong siswa untuk menjelaskan suatu konsep dengan kalimat/pemikiran sendiri, meminta bukti dan klarifikasi atas penjelasan siswa, dan saling mendengar secara kritis penjelasan antarsiswa atau guru; Tahap Extend, pada tahap ini siswa menerapkan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi baru atau konteks yang berbeda; Tahap Evaluate, pada tahap evaluasi, guru dapat mengamati pengetahuan atau pemahaman siswa dalam menerapkan konsep baru.

SelanjutnyaDr. Terry memaparkan materi selanjutnya mengenai demonstrasi model pembelajaran 5E, kemudian peserta diklat dibuat kelompok-kelompok kecil untuk merancang skenario model pembelajaran 5E dan merancang skenario model pembelajaran 5E untuk praktikum. Selanjutnya peserta diajak berdiskusi mengenai penilaian pembelajaran dari model pembelajaran 5E.  (RH).

Foto ws inkuiri 5e

 
     
 

BERITA Terkini| Index BERITA | BERITA Sebelumnya>>>
 

 
       


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
(PPPPTK IPA)

Copyright (c) 2013 www.p4tkipa.org All rights reserved
Design by yokivox@gmail.com. Design provided by ICT Departement of PPPPTK IPA Bandung.