BERITA

 
 
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SUPERVISI PENDAMPINGAN TATA KELOLA MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS DAN WILAYAH BEBAS KORUPSI DI PPPPTK IPA
 
  Oleh. Infopub/Rinrin - PPPPTK IPA-Bandung, Tgl. 15-03-2017  
 


 
 

Pada hari Selasa 7 Maret 2017, Inspektorat III Inspektorat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud)  mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Supervisi Pendampingan Tata Kelola Membangun Zona Integritas Dan Wilayah Bebas Korupsi di PPPPTK IPA yang diikuti oleh 25 pegawai PPPPTK IPA. Pada kesempatan awal, sesi pertama diisi oleh Bapak Maralus Panggabean Inspektur II Itjen Kemendikbud dengan memberikan materi “Membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Dalam Rangka Mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)”. Beliau menyampaikan mengenai konsep Integritas, bahwa integritas mempunyai arti: I walk the talk; I do the right thing; I speak and tell the truth; I will not let anybody downgrade and jeopardise my environment; and Integrity is doing the right thing when no one is watching,  dan dapat disimpulkan bahwa Zona Integritas adalah Sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L yang pimpinan dan jajarannya mempunyai nilai (komitmen) untuk pencegahan korupsi, peningkatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan kualitas layanan publik.

Bapak Maralus juga menyampaikan mengenai indikator utama dan operasional WBK/WBBM, Indikator utamanya yaitu: 1. Penandatangan dokumen pakta integritas; 2. LHKPN; 3. Akuntabilitas kinerja; 4. Laporan keuangan; 5. Kode etik; 6. Sistem perlindungan pelapor (whistle Blower System); 7. Program pengendalian gratifikasi; 8. Kebijakan penanganan benturan kepentingan (conflict of interest); 9. Program inisiatif anti korupsi; 10. Kebijakan pembinaan purna tugas (Post Imployment Policy); 10. Pelaporan transaksi keuangan yang tidak wajar oleh PPATK. Indikator operasional yaitu: 1. Promosi jabatan secara terbuka; 2. Rekruitmen secara terbuka; 3. Mekanisme pengaduan masyarakat.

Pada sesi selanjutnya, peserta FGD ini dibagi menjadi 3 kelompok untuk berdiskusi mengenai Kode etik pegawai; Program pengendalian gratifikasi; dan Sistem perlindungan pelapor (Whistle Blower System) dan mekanisme pengaduan masyarakat.  Kegiatan ini dilanjutkan pada 13 Maret 2017, masing-masing perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. (RH).

FGD WBK WBBM 3

 
     
 

BERITA Terkini| Index BERITA | BERITA Sebelumnya>>>
 

 
       


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
(PPPPTK IPA)

Copyright (c) 2013 www.p4tkipa.org All rights reserved
Design by yokivox@gmail.com. Design provided by ICT Departement of PPPPTK IPA Bandung.