1 2 3 4
 
  • 3
  • 4
  • 2
  • 1
 

 

Sambutan Kepala PPPPTK IPA
DR. Sediono Abdullah.



Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka membangun komitmen bersama antara PPPPTK, LPMP, Dinas Pendidikan dan Bappeda Kab/Kota yang menjadi mitra Program BERMUTU maka akan dilaksanakan Workshop Pengembangan Sistem Program BERMUTU Berkelanjutan bersama dengan mengambil tema :  “Pendidikan BERMUTU untuk Kehidupan Bermutu”.


 
 
Informasi Singkat

"Kalau masyarakat memperbolehkan dilakukan perbaikan empat standar pendidikan, kenapa melarang perbaikan kurikulum, padahal kurikulum mencakup keempat standar tersebut," Mendikbud.



Workshop Pengkajian Materi Implementasi Kurikulum 2013

ANALISIS SKL, KI dan KD

5 s.d. 11 Maret 2013



Kegiatan Bimbingan Teknis Standar Proses untuk Guru IPA SD Provinsi Jambi ini akan dilaksanakan selama 5 hari dengan pola 50 JP, dibagi menjadi 2 gelombang:

Gelombang I : Tanggal 18 s.d. 22 Februari 2013, dan,

Gelombang II : Tanggal 28



 
 

 
  BERITA HANGAT
 


Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015
 
Oleh. InfoPublikasi (Atik) - , Tgl. 10-04-2015

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan untuk tahun ini berlangsung tanggal 29 sampai 31 Maret 2015 dihadiri oleh 916 peserta, antara lain, pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota, UPT, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Komisi X DPR RI dan stake holder lainnya. Acara dengan tema “Memperkuat Pelaku dan Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan dan Berkarakter Dilandasi Semangat Gotong Royong” ini dilangsungkan di Pusbangtendik Kemendikbud, Depok, Jawa Barat. 


 

PPPPTK IPA bersama Dinas Pendidikan Kab./Kota Bogor Menyelenggarakan BIMTEK E-Training bagi Guru di KKG/MGMP
 
Oleh. InfoPublikasi (Atik) - P4TK IPA, Tgl. 09-04-2015

Peran penting integrasi TIK dalam proses pembelajaran adalah untuk membangun wawasan, pengetahuan dan keterampilan masyarakat abad 21, yaitu (1) mengenal dan menguasai TIK dan media (ICT and media literacy), (2) berpikir kritis (critical thinking), (3) memecahkan masalah (problem-solving), (4) berkomunikasi efektif (effective communication); dan (5) bekerjasama secara kolaboratif (collaborative). Pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran harus memungkinkan pendidik dan tenaga kependidikan menjadi partisan aktif, menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin serta belajar secara individu sebagaimana halnya juga kolaboratif dengan pendidik dan tenaga kependidikan lain. Hal ini menjadi salah satu faktor penting yang melatarbelakangi kerjasama antara PPPPTK IPA dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota Bogor untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) E-Training untuk guru-guru di Kabupaten dan Kota Bogor.


 

Workshop Sinkronisasi Program 2015
 
Oleh. InfoPublikasi (Atik) - P4TK IPA, Tgl. 01-04-2015

PPPPTK IPA menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop Sinkronisasi Program 2015 yang diadakan oleh SEAMEO QITEP in Science pada tanggal 25 – 26 Maret 2015. Bertempat di aula PPPPTK IPA dan dihadiri oleh Direktur dari enam senter SEAMEO yang berlokasi di Indonesia, 12 PPPPTK, LPMP Bali, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Acara Pembukaan dihadiri oleh Direktur SEAMEO secretariat, Dr Gatot Hari Priowirjanto, dan secara resmi dibuka oleh Sekretaris BPSDMPK PMP, Dr. Abi Sujak. 


 

Education for Sustainable Development, Ceramah Umum oleh Prof. Takehiro Hayashi
 
Oleh. InfoPublikasi (Atik) - P4TK IPA, Tgl. 01-04-2015

Pada tanggal 18 Maret 2015 lalu P4TK IPA mendapat kesempatan berharga untuk bertemu dan berbagi Ilmu tentang Education for Sustainable Development (ESD) dari Universitas Hiroshima Jepang, Prof. Takehiro Hayashi. Pertemuan yang dihadiri manajemen, widyaisawara, dan staf teknis dibagi dalam dua sesi, di sesi pertama dari P4TK IPA, Dr. Elly Herliani memaparkan tentang Program Pendidikan Lingkungan Hidup yang  sudah berjalan sejak tahun 2005 di P4TK IPA, yang meliputi penyusunan materi-materi pelatihan, Sekolah Binaan PLH, dan program Green School.


 


 
Layanan


 

 Umum

 
 

Hit Counter
website hit counter
Provided by website hit counters website.

 

 
 
ARTIKEL
 
 
Arus Listrik dan Kuat Arus
Oleh. Dra. Shrie Laksmi Sa - Widyaiswara, Tgl. 05-05-2014

     Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir dari suatu titik yang berpotensial rendah ( jumlah elektronnya banyak dan jumlah protonnya sedikit)  ke titik yang berpotensial tinggi (jumlah elektron sedikit dan jumlah mrotonnya banyak)  dalam waktu satu detik. Peristiwa mengalirnya arus listrik disebabkan karena adanya elektron yang bergerak. Pebedaan potensial ini disebabkan adanya sumber tegangan seperti baterai.

 

Download Aritikel Arus Listrik dan Kuat Arus 



Daya Listrik
Oleh. Dra. Shrie Laksmi Sa - Widyaiswara, Tgl. 28-03-2014

Daya listrik adalah besar kecepatan energi listrik yang diubah menjadi energi bentuk lain. Atau biasa dikatakan bahwa daya listrik adalah banyaknya energi tiap satuan waktu.

Pada alat listrik  biasanya sudah tercantum daya dan tegangan yang dibutuhkan alat itu. Misalnya, lampu bertuliskan 60 W/220 V, setrika bertuliskan 350W/220 V, dan pompa air bertuliskan 125 W/220 V. Lampu bertuliskan 60 W/220 V artinya lampu akan menyala dengan baik, jika dipasang pada tegangan 220 volt dan selama 1 detik banyaknya energi listrik yang diubah menjadi energi cahaya 60 joule. 

 

Download Artikel Disini (Daya listrik)



Energi Listrik dan Konversi Energi Listrik
Oleh. Dra. Shrie Laksmi Sa - Widyaiswara, Tgl. 10-03-2014

 

Suatu energi manfaatnya baru akan dapat terlihat apabila energi tersebut mengalami suatu perubahan bentuk dari energi satu ke dalam energi yang lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa energi memiliki suatu hukum yang sering disebut dengan hukum kekekalan energi. Bunyi dari hukum kekekalan energi adalah energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.

Dari hukum kekekalan energi di atas apabila energi dapat dirubah ke dalam bentuk energi lainnya maka energi tersebut akan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik merupakan hasil konversi dari energi lain memiliki dan memiliki beberapa keuntungan, diantaranya dapat dikonversikan lagi menjadi bentuk-bentuk energi lain. seperti panas, cahaya, bunyi, dan mekanik.

DOWNLOAD ARTIKEL DISINI



SEL ELEKTROLISIS
Oleh. Sumarni Setiasih, S. - Widyaiswara, Tgl. 04-02-2014

beberapa reaksi kimia dalam sehari-hari merupakan reaksi reduksi-oksidasi (reaksi redoks), contohnya reaksi yang terjadi pada aki dan baterai sebagai sumber energi, penyepuhan logam-logam dan perkaratan besi. Proses penyepuhan logam-logam merupakan proses elektrolisis. untuk terjadinya proses elektrolisis diperlukan energi listrik dari sumbernya. dengan demikian,pada elektrolisis terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi kimia.
Reaksi redoks yang mengakibatkan terjadinya perubahan energi kimia menjadi energi listrik, atau sebaliknya merupakan proses elektrokimia.

 

DOWNLOAD ARTIKEL DISINI



 
     
   
 
 
ALBUM FOTO
 
   
 
Diklat
Gedung
Kelas
Eksibisi
 
  1 2 3 4  
 
Lab. Fisika
Lab. Kimia
Lab. Biologi
Lab. IPBA
 
  1 2 3 4  
 
Lab. ICT
Wisma
Cap. Building
Kerja Sama
 

 
EDITORIAL
 
           
 
Pendidikan Karakter pada setiap Mata Pelajaran
Oleh. Kemdikbud.go.id - Umum, Tgl. 18-03-2013

Menurut Gubernur, mengaitkan pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran, bukan hanya pada pelajaran agama, merupakan keistimewaan lain dari Kurikulum 2013. "Ini akan memperbaiki kondisi sosial kita, sehingga saya sangat setuju dengan kurikulum 2013 ini," ujarnya.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur dalam kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 di Aula Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu, 16 Maret 2013. Sosialisasi ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta yang terdiri dari pengawas dan kepala sekolah yang tergabung dalam Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) dan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) se Jawa Barat.


Perbaikan Kurikulum
Oleh. Kemdikbud.go.id - Umum, Tgl. 18-03-2013

"Kalau masyarakat memperbolehkan dilakukan perbaikan empat standar pendidikan, kenapa melarang perbaikan kurikulum, padahal kurikulum mencakup keempat standar tersebut," papar M Nuh.


Jean Piaget
Oleh. Admin - Staf, Tgl. 13-03-2013

Jean Piaget  "Tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang bisa melakukan hal baru, tidak sekedar mengulang apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya -- Manusia yang kreatif, memiliki daya cipta, memiliki hasrat keingintahuan."

 


Oleh. Admin - Staf, Tgl. 13-03-2013

Guru merupakan sosok penting yang mengawal perubahan di awal abad XXI. Guru berpikir jauh ke depan, bukan terbelenggu ilmu masa lalu, sebab tak banyak orang yang melihat anak-anak telah hidup di sebuah peradabaan yang beradadngannya.



 
           
 

Editorial Terkini| Index Editorial | Editorial Sebelumnya>>>
 
 

 
 

 
 
       


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
(PPPPTK IPA)

Copyright (c) 2013 www.p4tkipa.org All rights reserved
Design by yokivox@gmail.com. Design provided by ICT Departement of PPPPTK IPA Bandung.