1 2 3 4
 
  • 3
  • 4
  • 2
  • 1
 

 

Sambutan Kepala PPPPTK IPA
DR. Sediono Abdullah.



Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka membangun komitmen bersama antara PPPPTK, LPMP, Dinas Pendidikan dan Bappeda Kab/Kota yang menjadi mitra Program BERMUTU maka akan dilaksanakan Workshop Pengembangan Sistem Program BERMUTU Berkelanjutan bersama dengan mengambil tema :  “Pendidikan BERMUTU untuk Kehidupan Bermutu”.


 
 
Informasi Singkat

"Kalau masyarakat memperbolehkan dilakukan perbaikan empat standar pendidikan, kenapa melarang perbaikan kurikulum, padahal kurikulum mencakup keempat standar tersebut," Mendikbud.



Workshop Pengkajian Materi Implementasi Kurikulum 2013

ANALISIS SKL, KI dan KD

5 s.d. 11 Maret 2013



Kegiatan Bimbingan Teknis Standar Proses untuk Guru IPA SD Provinsi Jambi ini akan dilaksanakan selama 5 hari dengan pola 50 JP, dibagi menjadi 2 gelombang:

Gelombang I : Tanggal 18 s.d. 22 Februari 2013, dan,

Gelombang II : Tanggal 28



 
 

 
  BERITA HANGAT
 


ToT program PPKSPS/M SMP
 
Oleh. admin - Bandung , Tgl. 26-08-2014

Pada tanggal 18-25 Agustus 2014 bertempat di Hotel Best western Mangga Dua, Jl. Mangga Dua Abdad no. 111, Jakarta, sebanyak 30 orang Widyaiswara PPPPTK IPA mengikuti kegiatan Training of trainer (ToT) Program Pendampingan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah/Madrasah tiingkat SMP (PPKSPS/M SMP). Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan calon pelatih yang akan memfasilitasi pelatihan pengawas dalam mendampingi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepala sekolah. 


 

Rapat Koordinasi Teknis Program ProDEP
 
Oleh. admin - Kabupaten Bandung Barat, Tgl. 26-08-2014

Pada tahun 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemerintah Australia telah sepakat menandatangani sebuah perjanjian Hibah untuk mendanai sebuah Program Pengembangan Keproefesian bagi tenaga Kependidikan, yang dikenal dengan Professional Development for Education Personel Program (Program ProDEP). Program ini bertujuan untuk memperbaiki/meningakatkan mutu kepemimpinan dan pengelolaan sekolah dan madrasah. 

PPPPTK Ipa sebagai instansi pelaksana program ProDEP melaksanakan sebuah kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) dengan pemerintah provinsi/kabupaten/kota sasaran program ProDEP pada tanggal 15 sampai dengan 17 Juli 2014 di Mason Pine Hotel, Jalan Raya Parahyangan Km. 18 Kota Baru Parahyanagan, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini berisi informasi, sosialisasi dan persiapan kegiatan berupa penetapan dan pengesahan peserta. Rakortek diikuti oleh 234 orang perwakilan provinsi,kabupaten/kota sasaran program ProDEP. 


 

Sambutan Kepala Pusat pada Pelatihan Kurikulum
 
Oleh. admin - bandung, Tgl. 13-06-2014

Untuk sambutan klik di sini.


 

Tunjangan Kinerja Pegawai Dilingkungan Kemendikbud
 
Oleh. Tim Ketatalaksanaan - PPPPTK IPA, Tgl. 16-05-2014

Peraturan Presiden tentang Tunjangan Kinerja Tahun 2013 sejumlah 27 Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) akhirnya ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Desember 2013. Salah satu kementerian yang mendapat tunjangan kinerja berdasarkan Peraturan Preseiden tersebut adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 


 
Layanan


 

 Umum

 
 

Hit Counter
website hit counter
Provided by website hit counters website.

 

 
 
ARTIKEL
 
 
Di Jepang, Semua Nilai Pendidikan Berawal dari Keluarga
Oleh. Muhammad Iqbal Djawa - Atase Pendidikan KBRI Tokyo, Tgl. 09-04-2013
Sebagaimana kita ketahui, pelajaran Agama bukan menjadi prioritas di Jepang, tetapi penanaman budi pekerti sudah diterapkan sejak usia dini di keluarga dan di sekolah. Contoh yang paling sederhana adalah bagaimana dengan penuh kesadaran siswa-siswa sekolah Jepang sangat memperhatikan kebersihan sekolahnya. Di sinilah kemudian peran intelijen berfungsi. Kami mengobservasi dan bertanya langsung kepada guru-guru mengenai siapa yang berperan untuk mendisiplinkan anak-anak ini. Jawaban yang kami dapat adalah semua berawal dari pendidikan dalam keluarga, sementara guru hanya men-transfer teknologi dan nilai-nilai.

Kurikulum 2013
Oleh. Kemdikbud.go.id - Manajemen, Tgl. 13-03-2013

Dalam beberapa bulan terakhir, harian Kompas memuat tulisan dari mereka yang pro ataupun kontra terhadap rencana implementasi Kurikulum 2013. Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas berbagai pandangan tersebut.

 

Saya berkesimpulan, mereka yang mempertanyakan kurikulum 2013 adalah karena ada perbedaan cara pandang atau belum memahami secara utuh konsep kurikulum berbasis kompetensi yang menjadi dasar Kurikulum 2013.

Secara falsafati, pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi dirinya, bagi sesama, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya.



SISTEM PEMBINAAN PROFESIONAL GURU IPA
Oleh. Dra. Eneng Susilawat - Widyaiswara, Tgl. 06-03-2013

Setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945. Pendidikan bermutu hanya akan diperoleh melalui proses pembelajaran  di dalam kelas yang dilakukan oleh guru yang profesional dan  mempunyai komitmen terhadap mutu. Mengajar menjadi sebuah profesi ketika guru mempraktekkan pembelajaran dengan dasar pengetahuan yang umum dan menggunakan pengetahuannya  untuk praktek mengajar yang efektif (NSTA 2003). Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Karena itu, profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.



Guru dan Perubahan
Oleh. bpsdmpk.kemdikbud.go - Umum, Tgl. 04-03-2013

Tak dapat disangkal, guru merupakan sosok penting yang mengawal perubahan di awal abad XXI.

Guru berpikir jauh ke depan, bukan terbelenggu ilmu masa lalu, sebab tak banyak orang yang melihat anak-anak telah hidup di sebuah peradabaan yang berada dengannya. Sementara kurikulum baru yang belum sempurna sudah dihujat, kaum muda mengatakan kurikulum lama sudah tidak relevan mengisi masa depan mereka.

Untuk pertama kali dalam sejarah, dunia kerja dan sekolah di isi empat generasi sekaligus, generasi kertas-pensil, generasi komputer, generasi internet, dan generasi telpon pintar. Terjadi celah antar generasi “tulis dan temui saya” (generasi kertas) “telepon saja” (generasi komputer) “kirim via surel” (generasi internet) “tetapi generasi baru mengatakan “cukup SMS saja”. Yang tau rapat dengan perjalanan dinas, yang muda pakai skype.



 
     
   
 
 
ALBUM FOTO
 
   
 
Diklat
Gedung
Kelas
Eksibisi
 
  1 2 3 4  
 
Lab. Fisika
Lab. Kimia
Lab. Biologi
Lab. IPBA
 
  1 2 3 4  
 
Lab. ICT
Wisma
Cap. Building
Kerja Sama
 

 
EDITORIAL
 
           
 
Pendidikan Karakter pada setiap Mata Pelajaran
Oleh. Kemdikbud.go.id - Umum, Tgl. 18-03-2013

Menurut Gubernur, mengaitkan pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran, bukan hanya pada pelajaran agama, merupakan keistimewaan lain dari Kurikulum 2013. "Ini akan memperbaiki kondisi sosial kita, sehingga saya sangat setuju dengan kurikulum 2013 ini," ujarnya.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur dalam kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 di Aula Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu, 16 Maret 2013. Sosialisasi ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta yang terdiri dari pengawas dan kepala sekolah yang tergabung dalam Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) dan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) se Jawa Barat.


Perbaikan Kurikulum
Oleh. Kemdikbud.go.id - Umum, Tgl. 18-03-2013

"Kalau masyarakat memperbolehkan dilakukan perbaikan empat standar pendidikan, kenapa melarang perbaikan kurikulum, padahal kurikulum mencakup keempat standar tersebut," papar M Nuh.


Jean Piaget
Oleh. Admin - Staf, Tgl. 13-03-2013

Jean Piaget  "Tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang bisa melakukan hal baru, tidak sekedar mengulang apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya -- Manusia yang kreatif, memiliki daya cipta, memiliki hasrat keingintahuan."

 


Oleh. Admin - Staf, Tgl. 13-03-2013

Guru merupakan sosok penting yang mengawal perubahan di awal abad XXI. Guru berpikir jauh ke depan, bukan terbelenggu ilmu masa lalu, sebab tak banyak orang yang melihat anak-anak telah hidup di sebuah peradabaan yang beradadngannya.



 
           
 

Editorial Terkini| Index Editorial | Editorial Sebelumnya>>>
 
 

 
 

 
 
       


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
(PPPPTK IPA)

Copyright (c) 2013 www.p4tkipa.org All rights reserved
Design by yokivox@gmail.com. Design provided by ICT Departement of PPPPTK IPA Bandung.